SOAL & JAWABAN .......
SOAL UTS MANAJEMEN PEMASARAN
11. Apakah
yang dimaksud pemasaran? Jelaskan beserta perubahan teori dan konsep pemasaran!
22. Jelaskan
bagaimana konsep pemasaran di perusahaan tempat Anda bekerja (jika belum
bekerja tempatnya adalah di kampus)!
33. Apa
yang dimaksud dengan strategi pemasaran! Jelaskan bagaimana strategi pemasaran
motor Honda (Vario New) serta Buku Matematika terbitan Erlangga!
44. Jelaskan
pengertian lingkungan pemasaran! Coba Anda paparkan strategi yang digunakan
pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran dimana mereka menjelaskan produk rokok
tidak berbahaya?
55. Jelaskan
yang dimaksud Perilaku Konsumen beserta pengaruhnya terhadap pemasaran! Jika
Anda sebagai manajer pemasaran lini bawah PT Coca Cola, bagaimana Anda
mengambil keputusan dalam hal membaca perilaku konsumen di tahun 2016!
66. Apakah
yang dimaksud dengan penjualan produk secara B2B dan B2C, jelaskan dengan
contohnya dalam kehidupan atau lingkungan Anda!
77. Bagaimana
tahapan pemasaran dan penetapan produk baru yang ideal? Jelaskan dengan contoh
ketika Anda ingin memasarkan produk Pizza di economart / econoidol !
88. Jelaskan
kasus pemasaran yang pernah anda ketahui di tahun 2016 !
JAWABAN UTS MANAJEMEN PEMASARAN
5. Dalam
dunia pemasaran konsumen adalah hal yang perlu diperhatikan, jika suatu
perusahaan atau pedagang tidak memiliki konsumen, maka akan sia-sia barang/uang
diperdagangkan. Oleh karena itu agar dapat memahami konsumen maka harus
mengerti konsumen dan siapa konsumen itu. Pengertian konsumen menurut Philip
Kotler adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh
barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi. Terdapat 4 faktor yang mempengaruh
prilaku konsumen yaitu, factor psikologi, pengaruh pribadi, pengaruh social dan
pengaruh budaya.
Jika
Saya sebagai manajer pemasaran lini bawah PT Coca Cola, saya akan mengambil
keputusan dalam hal membaca perilaku konsumen di tahun 2016 ini dengan melihat
sisi konsumen yang sudah semakin cerdas dan cermat terhadap pemilihan
produk-produk yang akan dikonsumsinya oleh karena itu strategi pemasaran yang
saya akan gunakan setelah melihat dan mengamati prilaku konsumen adalah dengan
masih memyuplai dan mendekatkan pada kalangan menengah kebawah khususnya
seperti menawarkan kembali produk coca cola diwarung-warung kecil yang tersebar
di plosok-plosok Jabotabek khususnya. Pasar di 2016 walau banyak pesaing baru
namun cocacola sebenarnya masih menjadi produk unggulan karena masih memegang
icon minuman bersoda yang menjadi pendahulu.
6. Business to Consumers (B2C) adalah jenis bisnis yang
dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang
menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Disini pihak
produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke
konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali
kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjual atau memasarkan
produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.
Contohnya
adalah warung klontong yang berada disekitar rumah kita. Disana terjadi B2C
yang pasti merupakan penjualan secara langsung ke costumer dari pelaku bisnis
(warung klontong)
Business
to business
atau B2B adalah transaksi yang dilakukan secara elektronik maupun fisik dan
terjadi antara entitas bisnis satu ke
bisnis lainnya. B2B merupakan penjualan produk atau jasa yang diberikan
oleh bisnis tersebut dan diperuntukkan untuk bisnis lain, bukan kepada customer.
Contoh
nya adalah reseller makanan atau barang yang sedang marak terjadi.
7. Berikut
tahapan ideal menurut penulis:
1.
Riset
pasar melalui mencari informasi kegemaraan makanan favorit mahasiswa di FE /
produk makanan terlasris di economart.
2.
Saat
pizza yang menjadi favorite, siap untuk pembuatan dan pemasaran.
3.
Kualitas
bahan yang baik serta paking(produk kemasan) yang menarik costumer.
4.
Memberi
tester gratis
5.
Pertahankan
kualitas
Pelanggan puas anda puas,
pelanggan akan kembali membeli produk yang anda jual saat hasrat mereka
terpenuhi.
8. Kasus transportasi berbasis aplikasi.
(GO-jek,Grab-bike,UBer,dll)
Gojek saat ini sedang naik daun dan telah menguasai
pasar ojek online Indonesia. Walaupun ada kompetitor besarnya GrabBike, namun
Gojek tidak terbendung. Selain ojek online (GoRide), Gojek juga menyediakan
layanan-layanan lainnya seperti GoFood, GoMart, GoMassage, dan GoSend.
Berdasarkan wawancara dengan Tempo.co tahun lalu, CEO Go-Jek Nadiem Makarim
mengatakan bahwa ia tidak akan menyerah dalam persaingan melawan kompetitor
dari jiran. Walaupun Nadiem mengelak ketika disebut memanfaatkan isu
nasionalisme untuk memenangkan pesaiangan dengan GrabBike, namun ia juga
mengatakan bahwa berdasarkan masukan yang diterima perusahaannya, mayoritas
pelanggan memilih Go-Jek karena alasan nasionalisme. Dengan tag-line “Karya
anak bangsa” dapat dibilang Go-jek menggunakan nasionalisme untuk melawan
Grab-Bike. Dengan investasi yang diterima Gojek dari Sequoia Capital dan
programmer-programmer India yang membantu pengembangan aplikasi mereka, Go-Jek
sesungguhnya sudah menjadi karya multi nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar