SOAL & JAWABAN .......
SOAL UTS MANAJEMEN PEMASARAN (1-4)
11. Apakah
yang dimaksud pemasaran? Jelaskan beserta perubahan teori dan konsep pemasaran!
22. Jelaskan
bagaimana konsep pemasaran di perusahaan tempat Anda bekerja (jika belum
bekerja tempatnya adalah di kampus)!
33. Apa
yang dimaksud dengan strategi pemasaran! Jelaskan bagaimana strategi pemasaran
motor Honda (Vario New) serta Buku Matematika terbitan Erlangga!
44. Jelaskan
pengertian lingkungan pemasaran! Coba Anda paparkan strategi yang digunakan
pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran dimana mereka menjelaskan produk rokok
tidak berbahaya?
55. Jelaskan
yang dimaksud Perilaku Konsumen beserta pengaruhnya terhadap pemasaran! Jika
Anda sebagai manajer pemasaran lini bawah PT Coca Cola, bagaimana Anda
mengambil keputusan dalam hal membaca perilaku konsumen di tahun 2016!
66. Apakah
yang dimaksud dengan penjualan produk secara B2B dan B2C, jelaskan dengan
contohnya dalam kehidupan atau lingkungan Anda!
77. Bagaimana
tahapan pemasaran dan penetapan produk baru yang ideal? Jelaskan dengan contoh
ketika Anda ingin memasarkan produk Pizza di economart / econoidol !
88. Jelaskan
kasus pemasaran yang pernah anda ketahui di tahun 2016 !
JAWABAN UTS MANAJEMEN PEMASARAN
1. Pemasaran
merupakan suatu kegiatan yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu
perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup
guna membuat usahanya. Berikut adalah beberapa definisi pemasaran dari beberapa
ahli :
Menurut Philip Kotler (2002 : 9) :
“Marketing is a social and managerial process and by which individuals and group obtain what they need and want through creating, offering, and freely exchanging product and service of value with other”.
Pemasaran
adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan
secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Menurut Keegan (1997 : 3), dalam buku “Intisari Manajemen Pemasaran” yang diungkapkan oleh H. Djaslim Saladin dan Yevismarti Oesman yaitu :
“Pemasaran adalah suatu proses sosial yang berfokus pada sumber daya manusia dan bertujuan untuk memanfaatkan peluang-peluang pasar secara global”.
Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan
bahwa pemasaran adalah rangkaian proses kegiatan yang dilakukan oleh individu
maupun suatu kelompok atau organnisasi, yaitu perencanaan pemikiran, penetapan
harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang, untuk memenuhi kebutuhan,
keinginan dan permintaan konsumen.
Konsep-konsep inti pemasaran
meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan
kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita
dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah
suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah
kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang
lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik
yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Situasi
perekonomian yang semakin kompetitif dan keadaan krisis ekonomi, mendorong setiap
perusahaan, untuk mengarahkan perhatiannya pada banyak faktor yang akan
menentukan keberhasilan dimasa yang akan datang. Perkembangan pasar yang
senantiasa berubah dan dinamis dari waktu ke waktu, terutama dalam era
globalisasi seperti saat ini, menuntut perusahaan untuk meningkatkan pelayanan
dan mengembangkan profesionalisme di berbagai bidang disertai dengan
pengembangan ide-ide baru yang inovatif dan kreatif.
Perubahan
adalah suatu keadaan yang sangat sulit untuk diramalkan, diperkirakan dan
dipastikan di masa yang akan datang. Perusahaan tidak terlepas dari berbagai
macam perubahan, yang bersumber dari lingkungan eksternal maupun lingkungan
internal perusahaan. Perubahan yang berpengaruh negatif merupakan gangguan bagi
perusahaan, sedangkan perubahan yang berpengaruh positif akan dapat menunjang
kelangsungan hidup di perusahaan.
2. Konsep pemasaran pada perusahaan saya saat ini secara umum, ada tiga hal pokok yang
diterapkan guna mengoptimalkan konsep pemasaran yang akan saya bahas di bawah,
yaitu
# Apa yang diinginkan konsumen
# Dapatkan perusahaan meningkatkan kualitas produk yang dapat dijangkau oleh
konsumen
#
Bagaimana langkah perusahaan untuk membuat konsumen nya tetap berada pada
kepuasan yang maksimal
Kantor
Akuntan Publik (KAP) memiliki trik pemasarannya masing-masing yang diterapkan, Setiap KAP mepunyai banyak alternatif berkaitan dengan
jasa yang akan dikembangkannya. Pilihan tersebut amat bergantung kepada
strategi tingkatan unit usaha yang dipilih, terutama berkaitan dengan analisis
kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal KAP yang
bersangkutan. Konsep pemasaran KAP yang merupakan perusahaan dalam bidang jasa
profesional. Kantor dimana saya bekerja ini merupakan perusahaan jasa yang memang sedikit lebih sulit
dibanding dengan produk, karena sebagian besar produk memerlukan interaksi
antar manusia.
3.Startegi
pemasaran dihubungkan dengan segala aktivitas pemasaran dan sasaran-sasaran
pemasaran Strategi merupakan suatu alat atau elemen pengolahan atau
tujuan-tujuannya. Seperti halnya manajemen, pengembangan strategi pemasaran
merupakan sebuah seni dan merupakan sebuah produk logika dan kreativitas. Jadi
dengan demikian strategi pemasaran merupakan keterkaitan antara sasaran-sasaran
dan hasil.
Strategi
pemasaran motor Honda vario menggunakan strategi motor matic dengan kualitas
premium dengan desain yang unggul stylis serta kokoh, yang juga cocok digunakan
laki-laki yang ingin terlihat macho. Dan melalui strategi iklan yang
entertaining.
4.Lingkungan Pemasaran adalah
lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar
pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun
dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan
harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi
dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan
mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk
memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
Strategi
yang digunakan pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran dimana mereka
menjelaskan produk rokok tidak berbahaya Industri rokok memakai cara ekstrim
untuk menunjukkan bahwa mereka tak berminat pada perburuan pecandu baru dari
kalangan anak muda. Padahal, cara seperti ini justru mendorong anak muda
merokok. Ini cara terselubung yang sangat halus untuk menciptakan generasi
perokok baru dengan cara seolah-olah antirokok.“Ini upaya lanjutan menghindari
serangan dari gerakan antirokok.” BAT, 1979. Perusahaan rokok punya tanggung
jawab sosial atas laba yang mereka peroleh. Tapi mewujudkannya dengan membuat
kegiatan sosial dengan spanduk besar. Tak ada bungku rokok, tak ada merk, tak
ada gambar asap, sehingga tercipta citra positif terhadap rokok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar