Jumat, 04 November 2016

UTS Manajemen Pemasaran (1-4)



SOAL & JAWABAN .......



SOAL UTS MANAJEMEN PEMASARAN (1-4)


11.    Apakah yang dimaksud pemasaran? Jelaskan beserta perubahan teori dan konsep pemasaran! 

22.    Jelaskan bagaimana konsep pemasaran di perusahaan tempat Anda bekerja (jika belum bekerja tempatnya adalah di kampus)!

33.    Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran! Jelaskan bagaimana strategi pemasaran motor Honda (Vario New) serta Buku Matematika terbitan Erlangga!

44.    Jelaskan pengertian lingkungan pemasaran! Coba Anda paparkan strategi yang digunakan pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran dimana mereka menjelaskan produk rokok tidak berbahaya?

55.    Jelaskan yang dimaksud Perilaku Konsumen beserta pengaruhnya terhadap pemasaran! Jika Anda sebagai manajer pemasaran lini bawah PT Coca Cola, bagaimana Anda mengambil keputusan dalam hal membaca perilaku konsumen di tahun 2016!

66.    Apakah yang dimaksud dengan penjualan produk secara B2B dan B2C, jelaskan dengan contohnya dalam kehidupan atau lingkungan Anda!

77.    Bagaimana tahapan pemasaran dan penetapan produk baru yang ideal? Jelaskan dengan contoh ketika Anda ingin memasarkan produk Pizza di economart / econoidol !

88.    Jelaskan kasus pemasaran yang pernah anda ketahui di tahun 2016 !



                                                                  JAWABAN UTS MANAJEMEN PEMASARAN


    
  1. Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup guna membuat usahanya. Berikut adalah beberapa definisi pemasaran dari beberapa ahli :

 Menurut Philip Kotler (2002 : 9) :

“Marketing is a social and managerial process and by which individuals and group obtain what they need and want through creating, offering, and freely exchanging product and service of value with other”.
    Pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. 

Menurut Keegan (1997 : 3), dalam buku “Intisari Manajemen Pemasaran” yang diungkapkan oleh H. Djaslim Saladin dan  Yevismarti Oesman yaitu :

“Pemasaran adalah suatu proses sosial yang berfokus pada sumber daya manusia dan bertujuan untuk  memanfaatkan peluang-peluang pasar secara global”.
  
      Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah rangkaian proses kegiatan yang   dilakukan oleh individu maupun suatu kelompok atau organnisasi, yaitu perencanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang, untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan permintaan konsumen.
 
    Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

     Situasi perekonomian yang semakin kompetitif dan keadaan krisis ekonomi, mendorong setiap perusahaan, untuk mengarahkan perhatiannya pada banyak faktor yang akan menentukan keberhasilan dimasa yang akan datang. Perkembangan pasar yang senantiasa berubah dan dinamis dari waktu ke waktu, terutama dalam era globalisasi seperti saat ini, menuntut perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan mengembangkan profesionalisme di berbagai bidang disertai dengan pengembangan ide-ide baru yang inovatif dan kreatif.
     
     Perubahan adalah suatu keadaan yang sangat sulit untuk diramalkan, diperkirakan dan dipastikan di masa yang akan datang. Perusahaan tidak terlepas dari berbagai macam perubahan, yang bersumber dari lingkungan eksternal maupun lingkungan internal perusahaan. Perubahan yang berpengaruh negatif merupakan gangguan bagi perusahaan, sedangkan perubahan yang berpengaruh positif akan dapat menunjang kelangsungan hidup di perusahaan.


  2. Konsep pemasaran pada perusahaan saya saat ini secara umum, ada tiga hal pokok yang diterapkan guna mengoptimalkan konsep pemasaran yang akan saya bahas di bawah, yaitu

#     Apa yang diinginkan konsumen

#     Dapatkan perusahaan meningkatkan kualitas produk yang dapat dijangkau oleh konsumen

#    Bagaimana langkah perusahaan untuk membuat konsumen nya tetap berada pada kepuasan yang maksimal

    Kantor Akuntan Publik (KAP) memiliki trik pemasarannya masing-masing yang diterapkan, Setiap KAP mepunyai banyak alternatif berkaitan dengan jasa yang akan dikembangkannya. Pilihan tersebut amat bergantung kepada strategi tingkatan unit usaha yang dipilih, terutama berkaitan dengan analisis kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal KAP yang bersangkutan. Konsep pemasaran KAP yang merupakan perusahaan dalam bidang jasa profesional. Kantor dimana saya bekerja ini merupakan perusahaan jasa yang memang sedikit lebih sulit dibanding dengan produk, karena sebagian besar produk memerlukan interaksi antar manusia.

Konsep pemasaran kami yang pertama adalah Memberikan layanan efisien. Efisien disini dapat berarti cepat dan tepat, tidak terlalu ribet dan cukup sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Kami menerapkan bahwa lebih baik memberikan pelayanan cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan konsumen. Lalu konsep selanjutnya dengan meningkatkan kinerja karyawan, yaitu para auditor dan staf administrasi lainnya. Dalam perusahaan jasa peran karyawan sangatlah krusial. Terlebih jasa auditing, auditor lah yang memegang peran kunci. Karena merekalah yang menjadi daya tarik konsumen agar mau menggunakan jasa yang ditawarkan. Karena citra karyawan juga menentukan citra perusahaan di mata konsumen. Selanjutnya adalah penerapan konsep marketing dengan harga masuk akal. Beda konsumen tentu saja beda harga. Misal konsumen A menganggap harga Rp 200.000.000,- adalah harga jasa yang terlalu murah untuk jasa B sehingga konsumen A tidak mau menggunakan jasa B karena dinilai tidak akan profesional (harga terlalu murah). Tetapi ada juga konsumen B yang menganggap harga tersebut kelewat mahal. Karena itulah mengetahui sikap konsumen, keadaan konsumen memang sangatlah penting, agar konsumen mau menggunakan jasa kita dengan harga yang menurut mereka rasional.dan  terakhir mengembangkan link yang terjalin antar klien dan dari klien. Dengan kepuasan pelanggan akan jasa yang telah kami berikan klien merekomendasikan KAP kami kepada orang lain yang memiliki permasalahan dalam bidang audit/keuangan.



   
   3.Startegi pemasaran dihubungkan dengan segala aktivitas pemasaran dan sasaran-sasaran pemasaran Strategi merupakan suatu alat atau elemen pengolahan atau tujuan-tujuannya. Seperti halnya manajemen, pengembangan strategi pemasaran merupakan sebuah seni dan merupakan sebuah produk logika dan kreativitas. Jadi dengan demikian strategi pemasaran merupakan keterkaitan antara sasaran-sasaran dan hasil.
   
     Strategi pemasaran motor Honda vario menggunakan strategi motor matic dengan kualitas premium dengan desain yang unggul stylis serta kokoh, yang juga cocok digunakan laki-laki yang ingin terlihat macho. Dan melalui strategi iklan yang entertaining.

Berbeda dengan strategi untuk buku matematika erlangga yang memanfaatkan para penulis sebagai agen atau distributor buku. Para penulis mula biasanya akan lebih bertanggung jawab dan mampu menemukan konsumen buku mereka yang baru saja terbit. Berbeda dengan penulis senior yang biasanya sudah terbiasa bukunya dijualkan oleh penerbit. Penerbit erlangga sendiri telah memiliki brand nama yang terkenal di dunia pendidikan dengan mutu yang sudah dikenal luas ini buku matematika Erlangga hanya perlu meningkatkan kualitas serta inovasi pada buku nya sehingga konsumen tidak berpaling memakai buku lain.



  4.Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.

  
    Strategi yang digunakan pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran dimana mereka menjelaskan produk rokok tidak berbahaya Industri rokok memakai cara ekstrim untuk menunjukkan bahwa mereka tak berminat pada perburuan pecandu baru dari kalangan anak muda. Padahal, cara seperti ini justru mendorong anak muda merokok. Ini cara terselubung yang sangat halus untuk menciptakan generasi perokok baru dengan cara seolah-olah antirokok.“Ini upaya lanjutan menghindari serangan dari gerakan antirokok.” BAT, 1979. Perusahaan rokok punya tanggung jawab sosial atas laba yang mereka peroleh. Tapi mewujudkannya dengan membuat kegiatan sosial dengan spanduk besar. Tak ada bungku rokok, tak ada merk, tak ada gambar asap, sehingga tercipta citra positif terhadap rokok.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar