1. Jelaskan
pengertian saluran distribusi dan strategi distribusi intensif, ekslusif,
selektif beserta kelebihan
dan kekurangannya! (10)
saluran distribusi : saluran distribusi merupakan
suatu jalur yang dilalui oleh barang-barang dari produsen ke perantara dan
akhirnya sampai pada pemakai. Saluran distribusi merupakan elemen penting dalam
kegiatan pemasaran suatu barang. Suatu perusahaan sangat perlu melakukan
distribusi, hal ini dikarenakan pendistribusian merupakan salah satu proses penawaran
suatu barang ke dalam lingkup pasar. Pendistribusian dapat diartikan sebagai
kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian
barang dan jasa kepada konsumen sehingga penggunaannya sesuai dengan yang
diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat dan saat dibutuhkan).
Strategi distribusi intensif :
merupakan strategi distribusi yang menempatkan
produk dagangannya pada banyak retailer atau pengecer serta distributor di
berbagai tempat. Teknik ini sangat cocok digunakan untuk produk atau barang
kebutuhan pokok sehari-hari yang memiliki permintaan dan tingkat konsumsi yang
tinggi. Contoh seperti sikat gigi, odol, dll, kelebihan dari strategi ini
adalah produk mudah dikenali oleh konsumen tanpa tenaga pemasar sekalipun dan
kekurangannya adalah hanya bisa diterapkan bagi barang-barang sehari-hari yang
ramah kantong.
Strategi distribusi ekslusif”
Distribusi eksklusif adalah memberikan hak
distribusi suatu produk pada satu dua distributor atau pengecer saja pada suatu
area daerah. barang atau jasa yang ditawarkan oleh jenis distribusi eksklusif
adalah barang-barang dengan kualitas dan harga yang tinggi dengan jumlah
konsumen yang terbatas. Contoh distribusi ekslusif adalah seperti showroom
mobil, factory outlet, dll. kelebihan dari strategi ini adalah produk lebih
terlihat esklusif sehingga pangsa pasarnya lebih berkelas dan kekurangannya
adalah hanya konsumen tertentu yang membutuhkannya sehingga mereka mau
berkorban untuk mendapatkannya.
Strategi distribusi selektif :
Distribusi selektif adalah suatu metode distribusi
yang menyalurkan produk barang atau jasa pada daerah pemasaran tertentu dengan
memilih beberapa distributor atau pengecer saja pada suatu daerah. Di antara
distributor atau pengecer akan terdapat suatu persaingan untuk merebut konsumen
dengan cara, teknik dan strategi masing-masing. Contoh saluran distribusi
selektif adalah produk elektronik, produk kendaraan bermotor, dll. kelebihan
dari strategi ini adalah produk yang dipasarkan lebih terklasifikasi dengan
manfaat yang sejenis dan kekurangannya adalah memerlukan tenaga pemasar lebih
banyak guna mempromosikan produknya masing-masing perusahaan.
2. Jelaskan
hambatan/risiko dalam persaingan global serta kelebihan dan kekurangan
Indonesia dalam
menghadapinya! (10)
Persaingan
global berarti melibatkan tidak hanya dalam negeri namun persaingan yang lebih
luas
dan memiliki hambatan yang jauh lebih besar ketimbang di pasar domestik.
Hambatan/risiko dalam persaingan global:
-
Kondisi hukum, politik dan
perundang-undangan pada setiap negara.
-
Perbedaan kultur budaya
-
Perbedaan mata uang antar negara
-
Kebijaksanaan import tiap negara.
-
Tarif / bea cukai. Tarif adalah pajak
produk impor.
-
Percampuran kultur budaya yang bebas
-
Resiko perubahan nilai tukar
-
Pelemahan kondisi perekonomian negara
berkembang kebawah oleh negara besar
-
Kelebihan dan kekurangan Indonesia dalam
menghadapinya:
- Kurangnya daya saing Indonesia dalam penguasaan
teknologi
- sumber daya alam indonesia yang menjadi modal utama pada pasar global
3. Apakah
perbedaan antara bauran promosi dan bauran pemasaran?
Jelaskan dengan
faktor-faktornya ! Serta bagaimana cara menentukan anggarannya? (10)
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang
dapat digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik barang/jasa yang
ditawarkan kepada pelanggan. Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004)
merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product,
Price, Promotion dan Place). Adapun Bauran Pemasaran.
Sedangkan Bauran Promosi merupakan Kombinasi
Strategi yang paling baik dari variabel-variabel Periklanan, Personal Selling
dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan
program penjualan". Promotion Mix
terdiri dari: Pengiklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Perorangan, Hubungan
Masyarakat.
Dalam pertimbangkan variabel promosi yang akan di
pergunakan dalam perusahaan, kadangkala anggapan yang di pergunakan adalah
bahwa dana promosi telah ada.
Anggaran
promosi merupakan bagian dari anggaran pemasaran, meskipun tidak ada standart
yang jelas tentang seberapa besar pengeluaran untuk promosi harus dialokasikan.
penentuan anggarannya dengan metode marginal Approach (pendekatan marginal),
Percentage
of Sales Approach, Affoardable Method, Return on
Investment Approach,
Competitif–Parity Approach, Build – up Method (Objective – and task
method)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar