Senin, 09 Januari 2017

UAS MANAJEMEN PEMASARAN (1-3)



            1.    Jelaskan pengertian saluran distribusi dan strategi distribusi intensif, ekslusif, selektif beserta kelebihan
                  dan kekurangannya! (10)

saluran distribusi : saluran distribusi merupakan suatu jalur yang dilalui oleh barang-barang dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai pada pemakai. Saluran distribusi merupakan elemen penting dalam kegiatan pemasaran suatu barang. Suatu perusahaan sangat perlu melakukan distribusi, hal ini dikarenakan pendistribusian merupakan salah satu proses penawaran suatu barang ke dalam lingkup pasar. Pendistribusian dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa kepada konsumen sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat dan saat dibutuhkan).

Strategi distribusi intensif :
merupakan strategi distribusi yang menempatkan produk dagangannya pada banyak retailer atau pengecer serta distributor di berbagai tempat. Teknik ini sangat cocok digunakan untuk produk atau barang kebutuhan pokok sehari-hari yang memiliki permintaan dan tingkat konsumsi yang tinggi. Contoh seperti sikat gigi, odol, dll, kelebihan dari strategi ini adalah produk mudah dikenali oleh konsumen tanpa tenaga pemasar sekalipun dan kekurangannya adalah hanya bisa diterapkan bagi barang-barang sehari-hari yang ramah kantong.

Strategi distribusi ekslusif”
Distribusi eksklusif adalah memberikan hak distribusi suatu produk pada satu dua distributor atau pengecer saja pada suatu area daerah. barang atau jasa yang ditawarkan oleh jenis distribusi eksklusif adalah barang-barang dengan kualitas dan harga yang tinggi dengan jumlah konsumen yang terbatas. Contoh distribusi ekslusif adalah seperti showroom mobil, factory outlet, dll. kelebihan dari strategi ini adalah produk lebih terlihat esklusif sehingga pangsa pasarnya lebih berkelas dan kekurangannya adalah hanya konsumen tertentu yang membutuhkannya sehingga mereka mau berkorban untuk mendapatkannya.

Strategi distribusi selektif :
Distribusi selektif adalah suatu metode distribusi yang menyalurkan produk barang atau jasa pada daerah pemasaran tertentu dengan memilih beberapa distributor atau pengecer saja pada suatu daerah. Di antara distributor atau pengecer akan terdapat suatu persaingan untuk merebut konsumen dengan cara, teknik dan strategi masing-masing. Contoh saluran distribusi selektif adalah produk elektronik, produk kendaraan bermotor, dll. kelebihan dari strategi ini adalah produk yang dipasarkan lebih terklasifikasi dengan manfaat yang sejenis dan kekurangannya adalah memerlukan tenaga pemasar lebih banyak guna mempromosikan produknya masing-masing perusahaan.

            2.    Jelaskan hambatan/risiko dalam persaingan global serta kelebihan dan kekurangan Indonesia dalam
                 menghadapinya! (10)

           Persaingan global berarti melibatkan tidak hanya dalam negeri namun persaingan yang lebih luas
           dan memiliki hambatan yang jauh lebih besar ketimbang di pasar domestik.
           Hambatan/risiko dalam persaingan global:
-          Kondisi hukum, politik dan perundang-undangan pada setiap negara.
-          Perbedaan kultur budaya
-          Perbedaan mata uang antar negara
-          Kebijaksanaan import tiap negara.
-          Tarif / bea cukai. Tarif adalah pajak produk impor.

-          Percampuran kultur budaya yang bebas
-          Resiko perubahan nilai tukar
-          Pelemahan kondisi perekonomian negara berkembang kebawah oleh negara besar
-           
Kelebihan dan kekurangan Indonesia dalam menghadapinya:
-         Kurangnya daya saing Indonesia dalam penguasaan teknologi
-         sumber daya alam indonesia yang menjadi modal utama pada pasar global




          3.    Apakah perbedaan antara bauran promosi dan bauran pemasaran? 
                 Jelaskan dengan faktor-faktornya ! Serta bagaimana cara menentukan anggarannya? (10)

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang dapat digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik barang/jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Promotion dan Place). Adapun Bauran Pemasaran.
Sedangkan Bauran Promosi merupakan Kombinasi Strategi yang paling baik dari variabel-variabel Periklanan, Personal Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan". Promotion Mix terdiri dari: Pengiklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Perorangan, Hubungan Masyarakat.
Dalam pertimbangkan variabel promosi yang akan di pergunakan dalam perusahaan, kadangkala anggapan yang di pergunakan adalah bahwa dana promosi telah ada.
           Anggaran promosi merupakan bagian dari anggaran pemasaran, meskipun tidak ada standart yang 
           jelas tentang seberapa besar pengeluaran untuk promosi harus dialokasikan.


penentuan anggarannya dengan metode marginal Approach (pendekatan marginal), 
Percentage of Sales Approach, Affoardable Method, Return on Investment Approach,  
Competitif–Parity Approach,  Build – up Method (Objective – and task method)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar