Senin, 09 Januari 2017

UAS MANAJEMEN PEMASARAN (4-6)a



4.      Jelaskan seberapa penting peranan budaya dalam pemasaran global? Dan bagaimana mengatasi etnosentris dalam multikulturalisme pemasaran global! (20)

Peran budaya dalam pemasaran global menjadi sangat penting pada era pasar bebas ini, Norma dan perilaku bisnis juga berlainan dari satu negara ke negara lain. Pemasar global perlu mengetahui hal ini sebelum melakukan pemasaran di negara lain. Pemasar global harus mengetahui pengaruh budaya dan harus menyiapkan diri untuk menjawab tantangan perbedaan budaya yang akan dihadapinya. Pemasar global memainkan peran penting bahkan dapat dikatakan menentukan dalam mempengaruhi kecepatan tingkat perubahan bisnis diseluruh dunia. 

Tiap-tiap bangsa mempunyai nilai, adat istiadat dan tabu sendiri-sendiri. Pengusaha asing, jika ingin berhasil, harus menanggalkan etnosentrisme mereka dan mencoba memahami kultur dan kebiasaan bisnis di negara tuan rumah, yang seringkali berbeda konsep waktu, ruang dan tata caranya.

Bagaimana konsumen setempat memikirkan dan menggunakan produk tertentu harus diperhatikan oleh penjual sebelum merencanakan program pemasaran. Berikut ini adalah beberapa contoh yang mengejutkan di pasar konsumen :

Sesungguhnya budaya meresap dalam semua aktivitas pemasaran dalam penentuan harga, promosi, jalur distribusi, produk, kemasan, dan gaya-dan usaha pemasaran sebenarnya menjadi bagian dari susunan kultur. Untuk berhasil di kancah mancanegara, perusahaan harus mampu memahami budaya negara-negara tujuan dan mempelajari bagaimana mengadaptasinya. 

Para pemasar, oleh karena itu, perlu sedapat mungkin membiasakan diri dengan sifat kultural dari setiap negara di mana mereka menggeluti lapangan usaha. Pemasaran mungkin merupakan paling rentan terhadap kesalahan atau kekeliruan budaya karena pemasaran, menurut definisinya, membutuhkan kontak dengan orang-orang dari negara tujuan tersebut. Tantangan pemasaran adalah mempelajari bagaimana memperluas perpektif staf pemasaran untuk menghindarkannya dari pengambilan keputusan bisnis berdasarkan pada miskonsepsi semata. Pemasar harus secara konstan menyesuaikan usaha mereka pada permintaan-permintaan kultural dari pasar, tetapi mereka juga berlaku sebagai agen perubahan jika produk atau ide yang dipasarkan inovatif.




      5.      Pemasaran online terdiri dari online marketplace (tokopedia, bukalapak dll), online retail (lazada,  
            blibli dll) serta classified ads (kaskus, rumah123 dll). Jelaskan dengan singkat bagaimana masing-
            masing jenis tersebut dapat terkena pajak? (20)

online marketplace (tokopedia, bukalapak dll) : Dalam Pemasaran Online jenis ini, terdapat kewajiban PPh dan PPN. PPh dikenakan pada penjual atas penambahan penghasilan akibat barang yang laku dijual, sedangkan PPN dikenakan kepada pembeli atas proses perpindahan barang antara penjual dan pembeli melalui marketplace tersebut.

online retail (lazada, blibli dll) : Dalam Pemasaran Online jenis ini, Pengenaan pajak jual beli untuk toko online pada dasarnya dipersamakan dengan toko konvensional. Jika toko online menjual barang atau jasa yang dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), ia juga harus menerbitkan faktur pajak. Terdapat kewajiban PPh dan PPN dalam proses bisnis jasa penyediaan tempat dan atau waktu, penjualan barang dan atau jasa, serta dalam proses bisnis penyetoran hasil penjualan kepada merchant oleh penyelenggara

classified ads (kaskus, rumah123 dll) : Dalam Pemasaran Online jenis ini, terdapat kewajiban PPh dan PPN dalam proses bisnis penyediaan tempat dan atau waktu untuk memajang materi promosi barang dan atau jasa dalam bentuk teks, grafik, video penjelasan, informasi secara online.


      6.    Bagaimana cara atau strategi marketing untuk UMKM yang baru berkembang ! 
           (Penjelasan dengan contoh dan penerapan langsung atau dengan memberitahukan strategi tsb 
            pada bisnis real UMKM akan mendapat poin penuh (30)

      ( di blog selanjutnya)tobecontinue..




 

2 komentar: